Kelebihan Virtual Event

Acara yang bersifat virtual sangat penting pada masa kini. Apalagi pada masa pandemi, setiap orang dibatasi dalam melakukan perjalanan ataupun pertemuan. Sehingga acara yang bersifat virtual akan sangat membantu. Tentunya virtual event memiliki sebuah manfaat dan menjadi alasan mengapa penting untuk dilakukan.Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membawa dampak positif yang banyak bagi manusia. Salah satunya yaitu dalam bidang teknologi dan informasi seperti media komunikasi. Dengan adanya jaringan internet yang tidak memiliki batasan jarak dan waktu, mampu menghubungkan manusia dari berbagai penjuru dunia untuk dapat berkomunikasi dalam waktu yang berlangsung. Apabila sebelumnya komunikasi hanya dapat dilakukan pada jarak tertentu saja, dan membutuhkan waktu yang cukup lama, kini perkembangan teknologi telah menolong permasalahan tersebut. Salah satu bukti bahwa perkembangan teknologi mampu mendorong media komunikasi menjadi semakin berkembang yaitu dengan adanya virtual activity seperti virtual event.

Virtual event adalah event atau acara yang dilakukan secara online atau menggunakan layanan jaringan internet. Hari ini dapat juga diartikan dengan suatu acara yang mana memungkinkan orang untuk berinteraksi tidak secara langsung atau pada lokasi fisik melainkan menggunakan lingkungan virtual pada website. Biasanya acara ini berlangsung dalam multi sesi yang memungkinkan orang orang untuk berinteraksi demi tujuan tertentu.

Kebutuhan Virtual Event

Pada situasi pandemi seperti saat ini mengadakan sebuah acara pada suatu tempat dengan mengundang banyak tamu memanglah dilarang pemerintah m sehingga kita perlu mencarikan sebuah solusi agar acara tetap berjalan akan tetapi mematuhi aturan dari pemerintah. Maka dari itu virtual event menjadi solusi anda dalam mengadakan sebuah acara. Karena dengan virtual event kita tidak perlu mengundang tamu secara langsung ke tempat kita, akan tetapi kita hanya membagikan link kepada setiap tamu kita, sehingga kita tetap bisa melaksanakan acara tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan karena acara kita dikatakan secara virtual atau melalui live streaming.

Kelebihan Virtual event

  1. Mampu Meminimalisir Pengeluaran

Sebagian besar dari kita tentu sudah paham dan mengerti bahwa diperlukan dana hingga puluhan juta rupiah untuk bisa menyelenggarakan event yang sederhana. Belum lagi biaya transportasi, konsumsi, tempat acara, dan juga dekorasinya.

Terlebih lagi bila ternyata nantinya acara tersebut gagal, seperti kurangnya jumlah peserta yang hadir. Tentu hal tersebut tidak akan ditemukan pada virtual event. Keperluan acara dan tingkat risiko kegagalan pun akan jauh lebih minim.

Bayangkan saja puluhan juta rupiah yang Anda keluarkan untuk menyewa gedung dan dekorasi tempat acara bisa Anda tekan dengan hanya berlangganan Zoom Meeting.

  1. Meningkatkan Value Event

Apakah kualitas dari virtual event lebih rendah daripada event offline? Tentunya tidak. Kenapa?

Pertama, dana yang lebih efisien akan lebih memungkinkan Anda untuk fokus dalam menghadirkan keynote speaker yang ekslusif. Kualitas dari materi pun akan menjadi lebih menarik dan juga lebih terpercaya.

Selain mampu menjaring lebih banyak peminat, virtual event juga akan lebih memungkinkan Anda untuk memberikan apresiasi yang lebih pada para peserta. Seperti dengan memberikan doorprize. Daripada mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk biaya operasional, anggaran tersebut bisa lebih Anda alokasikan untuk memberikan doorprize yang menarik.

Namun, virtual event kan lebih susah engaged sama audiens? Nah, saat ini sudah banyak sekali tools virtual event canggih, seperti QnA, Lucky Wheel, quiz interaktif, hingga polling yang menarik. Selain itu, seluruh peserta juga jadi lebih memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berinteraksi selama virtual event berlangsung.

  1. FOMO Effects akan Memicu Orang untuk Ikut

FOMO atau Fear of Missing Out adalah suatu istilah di dalam dunia psikologi yang digunakan saat seseorang memiliki rasa gelisah ketika tertinggal suatu tren ataupun hal lain yang menyenangkan.

Nah, virtual event ini ternyata cukup mampu menimbulkan efek FOMO. Terlebih lagi bila diberikan waktu dan juga batas kuota peserta. Live streaming bisa dibilang menjadi virtual event yang cukup mampu memberikan efek fomo.

Kenapa? karena banyak orang yang ingin terhubung dengan banyak peserta dan takut ketinggalan kesempatan yang berharga. Bahkan, dilansir dari laman Forrester, sebagian besar orang yang menonton tayangan live streaming bersedia menghabiskan waktu 10 hingga 20 kali lebih lama daripada menonton video biasa.

  1. Cloud Meeting Memberikan Kebebasan yang Lebih Banyak

Tercatat 87% orang saat ini lebih memilih untuk menggunakan video conference daripada tiga tahun yang lalu. Terlebih lagi sejak pandemi COVID-19 berlangsung, persentase penggunaan aplikasi zoom meningkat hingga 67% banyaknya. Selain itu, virtual event juga mampu memberikan kebebasan yang lebih banyak.

Virtual event mampu membuat seseorang menjadi lebih fleksibel dalam mengikuti event di berbagai belahan dunia. Selain itu, bersumber dari laman brella, sebanyak 74% cloud meeting juga berharap akan lebih terhubung dengan berbagai koneksi ataupun mampu membidik partner bisnis yang lebih potensial.

Untuk itu, jangan heran bila saat ini banyak orang yang lebih meminati virtual event.

  1. Membangun Personalisasi dalam Marketing

Personalisasi atau hyper-personalization adalah salah satu teknik dalam dunia marketing yang lebih fokus pada sisi personal manusia dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Salah satu usaha awal yang bisa digunakan untuk membangun hyper-personalization adalah dengan cara mengumpulkan data, dan virtual event bisa menjadi momen yang sangat tepat.

Lalu kenapa harus dari data? Data bukanlah hanya sekedar angka saja, namun juga mampu memberitahukan tingkah laku manusia. Dari data ini, perusahaan akan bisa lebih mudah dalam memberikan informasi produk, konten, dan juga layanan yang lebih relevan kepada para pelanggan.

Seperti misalnya dengan mengetahui data demografi para peserta virtual event, maka Anda bisa lebih mengetahui kelompok audiens mana saja yang lebih berminat dengan produk, materi ataupun layanan yang Anda berikan.

Sehingga, Anda akan lebih mudah lagi dalam membuat produk ataupun konten yang relevan untuk bisa menjaring konsumen potensial. Dilansir dari laman campaign monitor, hyper-personalization bahkan mampu meningkatkan sales hingga 20% banyaknya.

Jasa Virtual Event

Membicarakan tentang virtual event Konova Multimedia merupakan salah satu penyedia jasa virtual event yang sudah berpengalaman. Konova Multimedia memiliki banyak pengalaman dalam mengerjakan virtual event. Dari event lokal hingga event nasional pernah dikerjakan oleh Konova Multimedia. Konova Multimedia menyediakan banyak jasa yang ditawarkan dalam virtual event, seperti live streaming, videotron, lighting, dokumentasi, sound system dan jasa lainnya. Dengan banyak pengalaman yang dimiliki Konova Multimedia tentunya memiliki banyak klien. Tak hanya dalam kota saja banyak klien Konova Multimedia yang berada di berbagai daerah yang berada di indonesia. Konova Multimedia didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni tentunya Konova Multimedia akan selalu memberikan kontribusi terbaik pada setiap event yang anda selenggarakan.

Info Pemesanan

Bagaimana anda tertarik menggunakan jasa Konova Multimedia? Jangan sampai anda salh pilih dalam memilih penyedia jasa layanan live streaming, pilihlah penyedia jasa layanan yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Konova Multimedia dengan pengalamannya selama bertahun-tahun tentunya akan memberikan hasil terbaik setiap event anda. Jika anda tertarik menggunakan jasa Konova Multimedia anda bisa segera menghubungi kami di 0821-3867-4412. Kami pasti akan datang dan siap untuk memberikan kontribusi secara langsung acara anda.

Sekian artikel kali ini salam sukses untuk semua 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published.